Ekstrakurikuler

 Kegiatan Ekstrakurikuler (Pengembangan Diri )

      Kegiatan Ekstrakurikuler/Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri dibawah bimbingan konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni-budaya, kelompok tim olahraga, dan kelompok ilmiah remaja.
      Pengembangan diri adalah merupakan pelayanan bantuan untuk peserta didik baik individu maupun kelompok agar berkembang secara optimal dalam hubungan pribadi, sosial, belajar, dan karir, melalui proses pembiasaan, pemahaman diri dan lingkungan untuk mencapai kesempumaan perkembangan din.
        Tujuan pengembangan diri adalah membantu memandirikan peserta didik dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mmengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minatnya. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, praktisi, atau alumni yang memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan surat keputusan kepala sekolah. Pola Pelaksanaan pengembangan diri :
a. Spontan : Kerja bakti, Bakti sosial, takziah, membiasakan 5 S 1P      (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun dan Peduli lingkungan) membuang sampah pada tempatnya, antri, mengatasi silang pendapat
b. Rutin : Membaca do'a, membaca surat pendek bersama-sama setiap awal dan akhir pelajaran, ibadah khusus keagamaan bersama, SKJ, pemeliharaan kebersihan dan kesehatan din, finger print, Sholat Duha, sholat dhuhur berjama'ah dan upacara bendera
c. Keteladanan : berpakaian rapi, berbahasa yang baik, rajin membaca, memuji kebaikan dan keberhasilan orang lain, disiplin, datang tepat waktu.
d. Kegiatan tidak terpogram:
    1. Rutin : upacara bendera, ibadah khusus keagamaan bersama, SKJ, pemeliharaan kebersihan dan
                    kesehatan
    2. Spontan : memberi salam, membuang sampah pada tempatnya, antri, mengatasi silang pendapat
    3. Keteladanan: berpakaian rapi, berbahasa yang baik, rajin membaca, memuji kebaikan dan
                               keberhasilan orang lain, disiplin, datang tepat waktu.
    4. Kegiatan pengembangan Rohis (bagi yang beragama islam)
    5. Kegiatan pengembangan Rokris (bagi yang beragama kristen)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Sekolah

Struktur Organisasi

Visi Misi Sekolah